Sekilas Tentang HTML (Hypertext Markup Language)

image

Di sini akan diulas sedikit mengenai HTML (kependekan dari Hypertext Markup Language ),  sebuah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan ketika kita ingin membuat sebuah halaman situs web sederhana dan yang pasti statis, baik dari isi, dan tampilannya (yang dimaksud di sini dengan statis adalah tidak adanya kemampuan dari situs web untuk memperbaharui isi tanpa harus menyentuh script HTM L tersebut). Menurut wikipedia bahasa indonesia, HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language ), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). (sumber: wikipedia , untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca versi bahasa inggrisnya di: wikipedia-en , dan untuk mempelajari lebih lanjut, anda dapat mempelajarinya di W3school )

Tutorial ini didedikasikan kepada semua member untuk mengenal lebih dulu HTML sebelum melangkah ke pengenalan CSS. Mungkin agar pembahasan tidak terlalu melebar lebih jauh lagi, mungkin lebih baik untuk langsung membahas saja cara implementasi HTML. Berikut adalah contoh dari sebuah script HTML sederhana :

/* <html>
                <head>
                <title>HTML sederhana</title>
                </head>
               
                <body>
                                Mencoba untuk membuat HTML sederhana
                </body>
</html>*/

Seperti yang dapat dilihat di atas, bahwa HTML memiliki sebuah struktur, yaitu :

  1. Tag yang harus ditutup dengan tag . Tag ini harus dideklarasikan, dalam kata yang lebih sederhana, harus ada di dalam setiap file yang berekstensi .htm atau .html, agar web browser (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain dapat mengenali file tersebut sebagai sebuah file HTML dan dapat menterjemahkannya dengan benar).
  2. Tag yang harus ditutup dengan tag . Tag ini juga harus dideklarasikan, karena di dalam tag ini akan terdapat tag-tag lain untuk mendeskripsikan informasi-informasi yang dibutuhkan sebuah halaman HTML.
  3. Tag yang harus ditutup dengan tag . Tag ini dapat dideklarasikan atau tidak, di dalam tag ini kita dapat memasukkan judul dari halaman HTML kita. Judul dari halaman HTML kita biasanya dapat anda lihat di bagian paling kiri atas dari web browser yang digunakan.
  4. Tag yang harus ditutup dengan tag . Tag inilah yang akan memuat semua isi situs web yang dapat dilihat oleh semua orang yang mengakses situs web tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi, sangat disarankan agar anda mencoba untuk menyalin script di atas ke text editor seperti notepad, dan save sebagai index.htm atau index.html.

Di dalam tag sebenarnya masih banyak tag-tag lain yang dapat disimpan, tapi di sini hanya diulas sampai ke tag saja, agar memudahkan anda untuk mengenal sedikit tentang HTML dan dapat melanjutkan ke tutorial mengenai CSS.

Thu, 22 Mar 2012 @09:32

Customer Service

Customer Service 1
Widy Webmagic

Customer Service 2
Afi Webmagic

Customer Service 3
Sony Webmagic

Informasi & Pembayaran

YM :
Phone : 085640099922
    024-70898003

image
image
image
image
image
Menu
Education
Web Design dan Programming
Jasa SEO & Workshop SEO
Konsultan & Pendamping
Konsultasi

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Active Search Results

Team Building Activities

coupon

SLINK

Support System Webmagic
Free Downloads

Free Downloads tutorial membuat website dengan cara pintar dan mudah selengkapnya, bisa langsung Download Tutorialnya.

RSS Feed

Copyright © 2018 | Webmagic International · All Rights Reserved