Tips dan Trik Mendapatkan Kembali Password Google Mail

image

Sering sekali kita lupa untuk menyimpan beberapa data penting yang kita butuhkan untuk situs web kita, seperti data mengenai username dan password yang kita gunakan untuk akun-akun yang kita miliki di situs-situs yang menyediakan fasilitas keanggotaan(membership ). Hampir setiap kali kita juga membuat akun dengan username dan password berbeda di setiap situs tersebut. Setelah beberapa saat tidak menggunakannya, kita lalu tidak ingat alias lupa apa nama yang kita gunakan di situs tersebut. Ini akan menjadi masalah ketika kita menyimpan data penting atau malah ketika pekerjaan yang masih belum selesai kita titipkan di sana, kita pasti akan merugi.

Google sekarang juga merupakan salah satu situs yang menyediakan fasilitas serupa, keanggotaan, bahkan saat ini, kita dapat memilki akun di beberapa situs yang bisa dikatakan satu grup dengan google hanya dengan memiliki satu akun google, seperti youtube , blogspot , photobucket , dan masih banyak lagi. Sitekno sendiri mensupport seluruh membernya untuk bisa memiliki fasilitas google apps dari google . Fasilitas ini juga yang dapat membuat member-member sitekno dapat memiliki e-mail dengan domainnya sendiri yang sangat sarat akan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti google docs yang dapat digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen anda dari Microsoft® Word dan atau juga dari Microsoft® Excel® yang berupa dokumen atau spreadsheet, juga google calendar yang dapat dijadikan alat kolaborasi dengan rekan yang juga memiliki akun google atau yang anda beri akun di akun google apps anda.

Dikarenakan kebiasaan tadi, yang mana member adalah manusia yang biangnya lupa :D, maka pendaftaran pada google apps seringkali menemui kendala di saat para member lupa untuk menyimpan credential yang nantinya akan sangat penting keberadaannya bagi member itu sendiri. Credential di sini yang paling sering terlupakan adalah password dari akun yang telah dibuat, dan lebih parahnya lagi, password dari akun administrator google apps member tersebut. Maka dari itu, mari ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat mengembalikan atau menyetel ulang password administrator anda:

  1. Masuklah ke halaman control panel dari akun google apps anda dengan mengakses URL berikut: http://www.google.com/a/cpanel/[nama_domain_anda_yang_telah_didaftarkan]
    ganti [nama_domain_anda_yang_telah_didaftarkan] dengan nama domain yang telah anda daftarkan
  2. Setelah memasuki halaman control panel google apps anda, klik "I cannot acccess my account "
  3. Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman baru, di sana klik "Reset your administrator password ", seperti yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:

    Masuk ke halaman can't access your account
  4. Anda akan kembali dibawa ke halaman baru di mana anda akan diminta untuk memasukkan kode captcha yang tertera di atas field isian, seperti dalam image di bawah ini:

    masukkan kode captcha
  5. Masukkan kode captcha tersebut dan klik tombol "Submit "
  6. Anda akan masuk ke halaman baru berisikan konfirmasi bahwa anda telah dikirimkan instruksi bagaimana menyetel ulang password administrator google apps anda ke e-mail secondary anda yang anda gunakan ketika mendaftarkan akun google apps anda seperti yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:

    Konfirmasi instruksi anda telah dikirim ke e-mail
  7. Cek e-mail anda, di sana seharusnya telah diterima e-mail dari google yang menginstruksikan anda untuk mengakses URL yang disertakan di dalam e-mail tersebut
  8. Setelah anda mengakses URL tersebut, masukkanlah password baru yang anda inginkan untuk merubah password lama yang entah apa itu :) pada form yang seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

    reset ulang password anda
  9. Klik tombol "Save Password ", atau tombol "Cancel Changes " jika anda tiba-tiba teringat dengan password lama anda dan tidak ingin melakukan perubahan password :)
  10. Akun google apps anda telah dapat diakses kembali dengan password baru yang telah anda masukkan tadi

Setelah anda dapat kembali mengakases akun anda tersebut, maka sangat disarankan agar anda menyimpan baik-baik credential anda tersebut agar tidak lagi harus mengulangi langkah-langkah di atas yang menurut saya cukup merepotkan dan menghabiskan baik itu bandwidth ataupun quota yang dapat anda gunakan untuk hal lain yang lebih penting :).

Selamat mencoba ;-)

Wed, 21 Mar 2012 @13:43

Customer Service

Customer Service 1
Widy Webmagic

Customer Service 2
Afi Webmagic

Customer Service 3
Sony Webmagic

Informasi & Pembayaran

YM :
Phone : 085640099922
    024-70898003

image
image
image
image
image
Menu
Education
Web Design dan Programming
Jasa SEO & Workshop SEO
Konsultan & Pendamping
Konsultasi

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Active Search Results

Team Building Activities

coupon

SLINK

Support System Webmagic
Free Downloads

Free Downloads tutorial membuat website dengan cara pintar dan mudah selengkapnya, bisa langsung Download Tutorialnya.

RSS Feed

Copyright © 2018 | Webmagic International · All Rights Reserved